Apa sih yang terlintas di pikiran kita saat mendengar kata bollard ? Bollard yang kebanyakan orang tahu adalah suatu benda yang ada di tepi trotoar dan berfungsi sebagai pembatas jalan. Tapi ternyata bollard itu banyak jenisnya lho. Mari kita bahas satu – persatu untuk jenis – jenis bollard.

1. Bollard pembatas trotoar (stand bollard)
Bollard ini bentuknya seperti tiang yang memiliki tinggi kurang lebih sebetis orang dewasa. Stand bollard ini dipasang pada tepi pedestrian / trotoar yang berfungsi sebagai pembatas jalan / pengaman para pejalan kaki.
Biasanya stand bollard ini dipasang secara berderet dengan jarak saling berdekatan dengan tujuan untuk menghalangi kendaraan bermotor atau pesepeda, tukang becak, gerobak dll agar tidak masuk area trotoar.

2. Bollard lampu
Bollard lampu ini merupakan hasil inovasi dari stand bollard yang mengkombinasikan dengan komponen lampu / pencahayaan. Bollard lampu ini memiliki fungsi ganda yaitu selain sebagai pembatas jalan juga sebagai pencahayaan karena pada bagian atas stand / tiangnya dipasang lampu.
Sehingga mempercantik area karena menjadi lebih hangat. Biasanya bollard lampu ini diaplikasikan pada taman, trotoar, atau ruangan outdoor lainnya seperti hotel, villa ataupun cafe.

3. Bollard bola
Jenis bollard ini memiliki fungsi yang sama dengan stand bollard. Hanya saja bentuknya yang berbeda. Jika stand bollard berbentuk seperti tiang, bollard bola ini berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran cukup besar yang dipasang berderet di tepi trotoar.
Namun siapa sangka, kebanyakan orang malah mengira bollard bola ini sebagai tempat duduk.

4. Marine bollard (bollard pelabuhan)
Sesuai namanya, bollard ini diaplikasikan di pelabuhan sebagai pelengkap fasilitas dermaga. Untuk pemasangannya dilakukan dengan cara diangkur pada lantai dermaga. Marine bollard ini memiliki fungsi sebagai tempat tambatan tali kapal saat bersandar / berlabuh agar posisi kapal tetap stabil tidak terombang – ambing gelombang atau arus laut. Biasanya marine bollard ini sering disebut dengan mooring bollard, ship bollard atau bolder bollard.

Itulah ke – 4 jenis bollard beserta fungsinya. Jadi jangan bingung lagi ya karena bentuk bollard yang beraneka ragam. Jika anda mencari penyedia jasa pembuatan berbagai macam bollard. Jangan ragu untuk menghubungi kami karena kami akan menghadirkan bollard yang berkualitas sesuai permintaan dengan harga yang bersahabat.

CONTACT :

• Workshop : Batur RT 01 RW 04, Tegalrejo, Ceper, Klaten, Jawa Tengah.
• Phone : +62813 8576 9500