Kursi taman atau bangku taman biasanya digunakan di luar ruangan. Kursi ini sering kali disebut juga dengan garden bench atau park bench. Adanya kursi akan menambah keindahan dan kenyamanan suasana taman Anda, terutama bagi yang suka bersantai di taman.

Beragam model kursi taman hadir di pasaran. Karena itu, kami akan berbagi tips cara memilih kursi taman agar Anda tidak bingung dalam memilihnya. Kami juga akan mengulas beberapa produknya untuk. Beberapa di antaranya bahkan tahan dari berbagai kondisi cuaca seperti panas dan hujan!

Cara memilih kursi taman

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih kursi taman. Agar Anda tidak bingung, berikut ini adalah empat cara memilih kursi taman yang baik. Jadikanlah referensi berikut sebagai pertimbangan agar kursi tampak serasi dengan taman Anda.

Perhatikan kapasitas dan ukuran bangku taman

Anda dapat duduk dengan nyaman jika kursi taman memiliki lebar dan panjang yang tepat. Agar dapat duduk nyaman, sebaiknya kursi taman memiliki panjang dudukan 60 cm untuk satu orang atau 120 cm untuk dua orang. Anda dapat memilih kursi dengan dudukan berukuran lebih panjang untuk diduduki tiga orang. Jumlah anggota keluarga Anda juga dapat dijadikan patokan dalam memilih kursi taman.

Namun, kursi taman secara umum memiliki panjang dudukan berukuran 120 cm yang hanya dapat diduduki dua orang dewasa. Sementara itu, makin panjang dan besar sebuah kursi, maka makin mahal pula harganya. Kursi yang terlalu panjang pun akan sulit diangkut dan dipindahkan. Jadi, lebih baik membeli dua buah kursi taman daripada membeli satu kursi berukuran terlalu panjang.

Tentukan bahannya agar awet untuk pemakaian luar ruangan

Saat berbicara tentang kursi taman, mungkin Anda akan membayangkan kursi berbahan kayu. Meski begitu, kini kursi taman berbahan bambu dan logam pun banyak diminati. Ada pula produsen yang memadukan bahan-bahan tersebut. Nah, mari kita lihat masing-masing karakteristiknya!

Cast iron atau aluminium casting  lebih tahan panas dan hujan

Logam banyak digunakan sebagai bahan furnitur outdoor karena tahan panas dan hujan, serta cast iron dalam menampung bobot yang berat. Massa jenisnya yang besar menyebabkan furnitur berbahan logam cenderung lebih berat sehingga sulit dipindahkan. Namun, kursi berbahan ini biasanya hadir dalam desain minimalis.

ketahuilah jenis logam yang digunakan. Pastikan logam tersebut dilapisi bahan antikarat atau logam lain yang tidak mudah berkarat.

Kayu, awet dan menambah kesan natural pada taman.

Ketahanan kursi kayu juga bergantung pada perawatan dan lokasi penempatan kursi taman. Penempatan furnitur outdoor dengan material kayu sebaiknya tidak langsung menyentuh tanah. Misalnya, Anda bisa meletakkan kaki-kakinya di atas lapisan semen atau batu.

Selain itu, perhatikan juga jenis kayu yang digunakan karena hal tersebut dapat menjadi indikasi ketahanan kursi. Beberapa jenis kayu yang dikenal outstanding sebagai bahan furnitur di antaranya jati dan akasia.