Besi dan aluminium cor adalah dua jenis material yang sangat sering digunakan dalam pembuatan furniture kursi. Seperti yang kita ketahui, kursi memiliki peran yang cukup penting sebagai salah satu furniture ruangan. Keberadaannya tidak hanya melengkapi aktivitas penghuni rumah khususnya untuk duduk dan bersantai. Namun juga menjadi aksesoris/ pajangan yang mempengaruhi estetika interior ruangan. 

Oleh karenanya, perlu Anda pertimbangkan material terbaik untuk membuat kursi. Dengan harapan akan memberikan nilai estetika yang berkesan sekaligus mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Lalu jika anda dihadapkan pada opsi material diatas, manakah yang anda pilih antara kursi besi atau kursi alumunium cor? Untuk membantu anda dalam menentukan material yang tepat. Berikut kami sajikan pembahasan mengenai perbandingan kursi besi cor dengan kursi aluminium cor dari berbagai sisi.

Sisi kekuatan

Dari sisi kekuatan manakah kursi besi atau alumunium cor yang lebih kuat? Ternyata, kursi yang berbahan besi cor memiliki nilai kekuatan yang lebih besar daripada kursi aluminium cor. Dengan kerapatan yang lebih unggul, besi menjadi salah satu bahan dengan kekuatan terbaik meskipun efeknya kursi besi akan menjadi lebih berat.

Sedangkan aluminium termasuk logam yang memiliki sifat ringan. Beratnya yang lebih ringan daripada besi menggambarkan bahwa kekuatan alumunium tidak lebih besar bahkan cenderung tidak lebih baik daripada besi.

Sisi desain

Karena sama-sama melalui proses pengecoran logam yang mana logam dilebur kemudian dituang kedalam cetakan. Maka jika melihat dari segi desainnya, kursi besi atau alumunium terbilang sama bagusnya. Anda bisa secara leluasa berkreasi menciptakan desain dengan konsep yang beragam – dari yang minimalis hingga antik, out of the box, dan atraktif karena proses pembuatannya cukup fleksibel. 

Sisi pewarnaan

Untuk menjadikan kursi dari besi cor tampil lebih indah, memerlukan proses pewarnaan dengan cat khusus yang sifatnya tidak mudah terkelupas. Sementara itu, Anda bisa menggunakan kursi berbahan material aluminium tanpa harus melakukan pengecatan terlebih dahulu karena bahan ini sudah memiliki tampilan yang mengesankan. Meski begitu penggunaan cat warna baik untuk kursi besi maupun alumunium cor sama-sama pentingnya demi menghasilkan kursi yang menarik, sesuai selera.

Sisi harga

Terkait harga, material besi umumnya relatif lebih mahal daripada aluminium. Namun, untuk harga kursi besi dan alumunium cor, sebenarnya tidak terpaut terlalu jauh. Harga kedua jenis kursi ini sangat terpengaruh oleh beberapa hal, seperti ukuran dan dimensi kursi itu sendiri, model desain, variasi material yang dipilih, maupun spesifikasi lainnya.

Kesimpulan kursi besi cor vs kursi aluminium cor

Demikian perbandingan antara kursi besi dan alumunium cor. Pada dasarnya keduanya jenis kursi berbahan logam ini hampir sama dan cocok untuk menjadi furniture interior hunian, furniture semi outdoor untuk teras, bahkan eksterior seperti pada taman. Hanya saja yang perlu anda perhatikan adalah faktor keamanan dari penempatan kursi tersebut mengingat maraknya pencurian komponen berbahan logam di area terbuka. Jadi, misalnya jika anda ingin menempatkan furniture kursi di area taman luar hunian, atau bagi anda pengelola tata kota yang menempatkan kursi ini di area pedestrian, maka sebaiknya memilih kursi besi cor. Pasalnya dengan bobotnya yang berat, berarti ia tidak mudah berpindah tempat sehingga lebih aman dari tindak pencurian.

Bikin kursi besi atau aluminium cor custom kualitas dan model terbaik? Disini tempatnya!

Suburjayalogam.co.id adalah tempat dimana Anda bisa custom kursi berbahan logam cor sesuai keinginan dengan syarat sangat mudah. Kami merupakan home industri pengecoran logam yang telah menghadirkan produk-produk kursi kualitas terjamin kokoh dan memiliki masa pakai yang panjang. Selain itu kami juga selalu mengeksekusi pola desain custom pesanan yang menginginkan model kursi antik, kursi ornamental, kursi minimalis, dll dengan hasil yang presisi dan memuaskan dari segi estetika.

Maka dari itu, jika Anda membutuhkan kursi silahkan hubungi kami sekarang juga dan ceritakan bagaimana kursi idaman Anda. Kami akan mewujudkan keinginan Anda dengan prioritas kualitas pelayanan dan hasil produk terbaik dengan harga menarik!