Grill dan manhole cover merupakan 2 benda yang termasuk ke dalam komponen pelengkap sistem drainase. Kedua benda ini sama-sama digunakan pada satu bidang dan memiliki bentuk yang sekilas tampak mirip. Yakni berupa lempengan besi yang terpasang pada bagian permukaan jalan dan dilalui oleh kendaraan. Namun, jangan sampai salah, bahwasanya antara grill dan manhole adalah 2 benda yang berbeda. Apakah Anda masih bingung untuk membedakan mana itu grill cover mana itu manhole cover? Jika ya, mari mengenal kedua komponen ini untuk mengetahui persamaan maupun perbedaannya.

Mengenal grill cover

Dalam sistem drainase, grill cover berperan sebagai salah satu perangkat pembuangan air. Komponen ini berfungsi untuk menangkap air hujan yang jatuh dipermukaan jalan agar bisa langsung masuk/ mengalir ke saluran drainase bawah tanah dalam rangka mencegah timbulnya genangan air berlebih. Oleh karenanya, grill ini memiliki lubang-lubang persegi maupun lingkaran pada bagian tutupnya. Lubang-lubang itulah yang menjadi jalan masuk air permukaan sekaligus menjadi penyaring air dari sampah plastik dan dedaunan. Berdasarkan fungsi tersebut, grill cover juga sering disebut dengan sebutan grill tangkapan air/ grill penutup saluran air/ grill saringan air.

Mengenal manhole cover

Sedangkan manhole cover memiliki fungsi yang jauh berbeda daripada grill cover. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa setiap saluran drainase bawah tanah pasti memiliki titik-titik lokasi yang dapat diakses dari permukaan untuk keperluan pemeriksaan, pemeliharaan, dan perbaikan saluran. Adanya titik akses tersebut berdampak pada adanya lubang pada permukaan jalan. Lubang inilah yang bernama manhole (lubang untuk manusia). Sehingga agar manhole tersebut tidak membahayakan pengguna jalan maka ditutup dengan manhole cover/ tutup manhole/ penutup lubang jalan. 

Dengan adanya manhole cover ini, maka lingkungan sekitar menjadi lebih aman. Pun petugas lebih mudah mengakses saluran drainase karena manhole cover ini memiliki mekanisme buka-tutup layaknya sebuah pintu.

Persamaan

Tidak dapat kita pungkiri kedua komponen drainase tersebut memiliki banyak kesamaan, antara lain:

  • Sama-sama terbuat dari besi cor.
  • Menjadi penahan tonase kendaraan/ kendaraan bisa melewati di atasnya sehingga harus memiliki tingkat kekuatan tinggi.
  • Dapat berbentuk lingkaran, kotak, maupun persegi panjang.
  • Terdiri dari 2 jenis, yaitu berupa cover saja dan cover+frame.
  • Tersedia dalam model engsel atau tanpa engsel.

Perbedaan 

Secara sederhana, grill cover dan manhole cover berbeda dari segi fungsi dan bentuk tutupnya.

  • Grill berfungsi untuk menangkap air hujan, sementara manhole cover untuk menutup lubang manhole/ akses drainase/ gorong-gorong.
  • Tutup grill memiliki lubang-lubang banyak, sementara manhole cover tidak.

Kesimpulan

Grill dan manhole cover itu adalah 2 benda yang berbeda, dimana masing-masing memiliki perannya sendiri untuk saling melengkapi demi terwujudnya sistem drainase yang efektif. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda para pembaca sekalian.